Partaiibu-jabar.id –  Jakarta,   Dr. Dr. Zulki Zulkifli Noor, ST., SH., MH., M.Kn., MM. Ketua Umum Partai Indonesia Bersatu atau yang dipanggil dengan nama “PARTAI IBU”  bersama seluruh jajaran Partai, Fungsionaris, Kader, Relawan dan Simpatisan sangat merasakan kebahagiaan pada Hari Rabu, 22 Desember 2021. Apa pasalnya ?

Seperti kita ketahui bahwa pada tanggal 22 Desember adalah merupakan Hari Ibu. Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. Peringatan Hari IBU bersifat Internasional dan dikenal dengan Mothers Day yang dirayakan oleh masyarakat di seluruh dunia sebagai penghormatan akan peran IBU.

Di Indonesia, Hari IBU dirayakan secara nasional dan Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, yang digelar dari 22 hingga 25 Desember 1928. Kongres ini diselenggarakan di sebuah gedung bernama Dalem Jayadipuran, yang kini merupakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta. Kongres ini dihadiri sekitar 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatra. Di Indonesia, organisasi wanita telah ada sejak 1912, terinspirasi oleh pahlawan-pahlawan wanita Indonesia pada abad ke-19 seperti Kartini, Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said, dan sebagainya. Kongres dimaksudkan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan.

Tepat pada Hari IBU ke 93 Tahun pada tanggal 22 Desember 2021 telah lahir pula sebuah Partai di Republik Indonesia Bernama PARTAI IBU yang merupakan akronim dari Partai Indonesia Bangkit Bersatu.

Dr. Dr. Zulki Zulkifli Noor, ST., SH., MH., M.Kn., MM. Ketua Umum Partai Indonesia Bersatu atau yang dipanggil dengan nama “PARTAI IBU”  mengatakan,” Allhamdulilah pada hari ini tanggal 22 Desember 2021 bertepatan dengan HARI IBU, Kami sangat berbahagia telah dapat melahirkan Partai Indonesia Bersatu atau yang dipanggil dengan nama “PARTAI IBU” berkat kerja keras seluruh elemen partai, mulai dari fungsionaris partai, Para Ketua DPD Nasional, Para Ketua DPC Nasional, DPAC, Kader, relawan dan Simpatisan. Dan hal lahirnya Partai IBU ini tidak lepas dari campur tangan Allah SWT yang telah memberikan Ridho-Nya kepada kami untuk ikut serta berjuang menjadikan Indonesia Seharusnya,” Ungkapnya di Kantor Sekretariat DPP Partai IBU di Kawasan Cempaka Putih Tengan Jakarta Pusat (22/11/2021)

Lebih lanjut, Pak Zul sapaan akrab Ketua Umum Partai IBU mengatakan,” VISI dari Partai Indonesia Bangkit Bersatu adalah “Persaudaraan, Kesetaraan dan Kebersamaan seluruh rakyat Indonesia untuk Indonesia Seharusnya yang bermartabat, berdaulat, adil dan Makmur untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan dan perdamaian abadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.” Terangnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum Partai IBU juga menjelaskan MISI PARTAI IBU yaitu :

  1. Membangkitkan rasa saling menghargai dan saling menghormati dalam kehidupan kemasyarakatan dalam kesetaraan dan kebersamaan;
  2. Membangkitkan kemampuan dan keahlian dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia mandiri yang terdidik, terampil, dinamis dan berkelanjutan berbasis nilai kemanusiaan yang beradab dan tetap menjunjung hak asasi manusia;
  3. Membangkitkan bersatu untuk rasa saling bahu membahu, bergotong royong, dan senasib sepenanggungan dalam menjaga kehidupan yang aman, tentram, dan damai dengan kesetaraan dan kebersamaan berbangsa dan bernegara;
  4. Membangkitkan Bersatu untuk menegakkan keadilan dan meningkatkan kemakmuran dalam berkehidupan yang menganut ekonomi kerakyatan demi terciptanya ketahanan perekonomian yang kuiat, dinamis dan berkelanjutan;
  5. Membangkitkan bersatu menjaga nilai nilai berbangsa dan bernegara dalam kehidupan berpolitik yang berwibawa, amanah, dan terbuka untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dr. Dr. Zulki Zulkifli Noor, ST., SH., MH., M.Kn., MM. Ketua Umum Partai Indonesia Bersatu atau yang dipanggil dengan nama “PARTAI IBU”  menegaskan,” Partai IBU lahir bukan hanya KONSEP tapi adalah merupakan Niat UNTUK KERJA NYATA di masyarakat untuk menuju INDONESIA SEHARUSNYA,” Tegasnya.

Erlangga Lubai, SH. MH., selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai IBU menambahkan,”Semoga dengan lahirnya Partai IBU  dapat membantu masyarakat dan bangsa Indonesia menuju cita cita luhur Para Founding Fathers kita menuju masyarakat yang Adil, Makmur dan Sejahtera.” Tambahnya.

Terpantau, sampai dengan Hari Lahirnya Partai IBU telah memiliki Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di 34 Provinsi dari Aceh sampai Papua dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) pada Tingkat Kabupaten/Kota serta Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) pada tingkat Kecamatan. Karena syarat administrative telah terpenuhi maka Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Indonesia Bangkit Bersatu atau dapat dipanggil dengan nama “PARTAI IBU” dapat didaftarkan ke Kementerian Hukum Dan HAM pada hari Rabu, 22 Desember 2021 tepat dengan HARI IBU Ke 93 Tahun.

(Mas dharma L./Red.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here